Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 


Indonesia Emas 2045 merupakan cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang maju untuk dapat bersaing dengan negara-negara adi kuasa dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa, dalam laporannya menyampaikan bahwa Visi Indonesia Emas 2045 adalah Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan. Untuk mencapai itu, ada 8 agenda pembangunan dan 17 arah pembangunan serta ratusan indikator di dalamnya untuk memastikan RPJPN terarah dan terukur.

Kesenjangan pendidikan menjadi salah satu tantangan utama menyongsong Indonesia Emas.

Untuk memanfaatkan bonus demografi dan mewujudkan Indonesia emas 2045, menurut menteri keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa ada empat syarat agar terwujudnya Indonesia emas tahun 2045 yaitu kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, kualitas kelembagaan dan kebijakan pemerintah.

4 Pilar Visi Indonesia 2045 yaitu:

Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Pemerataan Pembangunan

Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan

Tujuan 4 Pilar Indonesia:

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

Memajukan kesejahteraan umum

Mencerdaskan kehidupan bangsa

Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

Sebagai penerus estafet pembangunan, kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya adalah kunci dari kebangkitan dan kemajuan bangsa. Upaya melahirkan generasi pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis dapat dilakukan dengan memberikan kemerdekaan belajar. 

Melahirkan generasi pelajar Pancasila, menurutnya, dapat kembali menyelaraskan pembangunan baik sumber daya alam, maupun manusia. Hal ini dijelaskannya lantaran upaya pembangunan yang terlihat hari ini lebih berfokus pada hasil akhir yang cenderung mengesampingkan intergrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pelayanan Kesehatan

Resume Berita Mahasiswa Unusa Mewajibkan Tiap Lulusan S1 Punya Sertifikat Kompetensi